Cara Submit Sitemap Blog ke Google Search Console

Cara Submit Sitemap Blog ke Google Search Console

Cara Submit Sitemap Blog ke Google Search Console - Setiap kali saya berbicara dengan blogger pemula, banyak yang tidak menyadari bagaimana mesin pencari bekerja, mereka berpikir bahwa mereka harus membayar Google atau mesin pencari lainnya untuk daftar situs web mereka. Hal ini tidak benar, Tentu saja Anda dapat menampilkan website Anda dalam pencarian Google secara gratis. Satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk membantu Google untuk menemukan blog Anda.
Dalam panduan ini kami akan berbicara secara ekstensif tentang mengirimkan peta situs (sitemap) Anda ke Google Search Console.

Google Search Console (Sebelumnya Google Webmaster Tool) adalah perangkat gratis yang memungkinkan Anda mengontrol website Anda dari sudut pandang mesin pencari.

Pertama kita perlu memahami apa itu peta situs (sitemap) dan mengapa mengirimkan sitemap ke mesin pencari itu sangat penting untuk dilakukan.

Untuk Anda yang ingin membuat laman sitemap klik Cara Menambahkan Sitemap di Blogger

Apa sitemap?
Sitemap adalah file XML yang berisi URL di dalam blog Anda. Laman ini membantu pengunjung untuk menemukan semua Postingan di blog Anda. Ada banyak aspek dari situs Anda, seperti ukuran sitemap Anda dan jumlah artikel di sitemap Anda. Singkatnya, sitemap merupakan indeks lengkap blog Anda.

Secara ringkasnya, laman sitemap berisi semua URL blog Anda, dan Anda dapat mengirimkan file tersebut ke mesin pencari untuk membiarkan mesin pencari tersebut tahu semua postingan di blog Anda.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mengindeks laman sitemap disini.
Untuk blog Blogger, kita menggunakan plugin yang secara otomatis terus mengupdate file sitemap kami karena kami mempublikasikan posting baru. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengirim ulang sitemap baru setelah menerbitkan artikel baru.

Cara ini merupakan cara yang cukup baik untuk menempatkan link laman sitemap Anda di footer dari situs Anda sehingga bot mesin pencari dapat dengan cepat menemukan dan mengikuti situs file peta situs Anda dan merangkak ke blog Anda secara lebih efektif.

Sekarang kita tahu apa sitemap, mari kita beralih ke tingkat berikutnya.

Bagaimana mendaftarkan laman sitemap untuk website Blogger Anda:
Sitemaps dapat dihasilkan dengan cara yang berbeda tergantung pada platform yang Anda gunakan untuk website Anda. Misalnya, peta situs Blogger dapat dengan mudah dihasilkan menggunakan plugin SEO. Berikut adalah panduannya.

Untuk platform lain seperti yang untuk situs statis, ada banyak alat online dan jenis perangkat lunak secara offline yang akan membantu dengan generasi sitemap. Untuk tujuan postingan kali ini, saya akan menganggap Anda sudah tahu  bagaimana membuat laman sitemap, dan sekarang kita akan belajar cara mengirimkan laman sitemap yang ke Google.

Mengirimkan sitemap ke Google Search Console:

Ketika kami mengirimkan sitemap ke Google, kami melakukannya dengan menggunakan alat Pencarian konsol. Dengan asumsi bahwa Anda sudah memverifikasi situs di konsol pencarian Google dan Anda telah masuk ke dashboard webmaster Anda, dan Anda sudah memiliki link sitemap untuk siap didaftarkan.

Di dalam Google Webmaster Tool dashboard Anda, di sisi kanan Anda akan melihat sebuah opsi bernama "Sitemaps". Klik pada "More" untuk melihat semua peta situs yang diajukan, atau Anda dapat mengirimkan sitemap baru dari sana.



Klik "Add / Test Sitemap" untuk mengirimkan file sitemap Anda. Pada halaman yang sama, Anda dapat melihat peta situs yang ditemukan oleh Google atau file mana sitemap dibagian kanan.


Tergantung pada jenis sitemap yang telah dibuat. Jika Anda mempunyai situs dengan banyak gambar, saya sarankan Anda membuat sitemap gambar. Anda juga dapat membuat sitemap video untuk website Anda. Untuk blog Blogger, Anda dapat membuat peta situs gambar menggunakan plugin Blogger ini.




 Isi kolom kosong tersebut dengan: 

  atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 atau rss.xml

Setelah itu klik kotak biru "Submit",

Jika Anda mengirimkan sitemap untuk blog baru, mungkin memakan waktu bagi Anda untuk melihat status indeks. Dengan status indeks pada halaman yang sama, Anda dapat melihat berapa banyak URL yang dikirimkan melalui sitemap dan berapa banyak link Google telah diindeks. Jika Anda telah mengirimkan sitemap terpisah untuk gambar dan video, Anda akan melihat status link tersebut, juga.


Posted by Unknown, Published at 4:22 PM and have 0 comments