6 Cara Mengoptimalkan Postingan Blog Agar Terindeks Oleh Search Engine

6 Cara Mengoptimalkan Postingan Blog Agar Terindeks Oleh Search Engine

6 Cara Mengoptimalkan Postingan Blog Agar Terindeks Oleh Search Engine - Jika Anda memiliki sebuah blog, kemungkinan Anda sudah memahami pentingnya bisnis blogging. Tapi apakah Anda tahu bagaimana mengoptimalkan postingan blog Anda untuk bisa terdeteksi oleh mesin pencari seperti Google?


Banyak blogger yang gagal dalam mengambil keuntungan dari potensi pemasaran yang sangat besar dari blog mereka. Bahkan, penelitian terbaru oleh blogger.com menunjukkan bahwa meskipun sekitar 60% dari bisnis memiliki blog/website, 65% dari blog tersebut belum diperbarui dalam satu tahun terakhir! Dengan begitu, konten dari blog Anda akan bisa lebih terindeks oleh mesin pencari dan bisa mengalahkan konten yang sudah lama tersebut, namun dengan satu syarat yaitu konten yang relevan dan original, Anda dapat mengambil keuntungan dari banyak manfaat blogging seperti penawaran SEO dan lainnya.

Berikut adalah 6 Cara Mengoptimalkan Postingan Blog Agar Terindeks Oleh Search Engine untuk membantu blog Anda semakin ramai pengunjung.

1. Research konten Anda.
Topik blog sangat penting untuk di optimasi pada halaman pencarian. Kemungkinan dari Anda mugkin memiliki blog hanya menyediakan satu topik saja. Namun, ada berbagai cara dan teknik untuk menemukan kata kunci terkait yang relevan dengan postingan blog Anda, Anda mungkin tidak mempertimbangkannya. Google Adwords Keyword Tool dan semrush.com keduanya menawarkan cara yang memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan topik Anda dan bahkan memata-matai pesaing Anda untuk melihat apa kata dan frasa mereka menargetkan untuk membawa pengunjung ke situs mereka.

2. Menggunakan kata kunci yang relevan di seluruh postingan Anda. 
Setelah Anda sudah menargetkan beberapa postingan ke berbagai tools ping dan submit url. Kata kunci (keyword) yang relevan adalah salah satu syarat penting untuk menempatkan postingan di mana postingan tersebut akan memiliki dampak yang paling besar bagi mesin pencari, dan semakin besar pula postingan Anda terindeks. Cobalah untuk memasukkan keyword di tempat-tempat berikut


  1. Judul
  2. Judul dan subpos
  3. kalimat pengantar
  4. Penutup artikel

Jangkar teks (text yang di hyperlink ke halaman terkait lainnya di situs Anda)

Catatan kaki: Jangan terlalu sering menempatkan kata kunci.
Jangan mengisi postingan Anda dengan begitu banyak kata kunci yang menjadi sulit untuk dibaca. Tidak hanya akan mengiritasi pengikut blog Anda, hal itu juga akan juga membuat blog Anda dikenakan sanksi oleh Google. Tempatkanlah kata kunci di tempat yang strategis.

3. Mengoptimalkan gambar Anda. 
Setiap kali Anda meng-upload foto ke blog Anda, pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam nama file gambar tersebut dan mengisi bidang teks alternatif dengan deskripsi singkat foto yang Anda upload.

4. Referensi kata dengan link.
Kualitas link adalah hal yang sangat berharga untuk setiap situs yang ingin peringkatnya lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Buatlah link dengan mengaitkan situs Anda dengan situs populer.

5. Memberikan pembaca kesempatan untuk berlangganan ke blog Anda. 
Sertakan RSS atau Kotak Berlangganan yang dapat menawarkan pengunjun untuk berlangganan postingan Anda melalui email bila perlu. Hal ini dapat memungkinkan pengikut blog Anda memiliki pemberitahuan instan postingan terbaru Anda tanpa harus secara berkala memeriksa situs Anda untuk mengetahui postingan terbaru di blog Anda.

6. Menggunakan media sosial untuk memperluas jangkauan postingan blog Anda.
Sebagai usaha kecil, Anda dapat memanfaatkan situs Facebook, Twitter, Google+, atau situs media sosial lainnya untuk membuat blog Anda ramai. Mengapa tidak? mempromosikan konten blog Anda di situs tersebut adalah cara yang cukup menguntungkan, program gratis seperti Hootsuite dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengirim link ke posting blog terbaru Anda pada semua situs media sosial Anda dengan hanya beberapa klik. Anda bahkan dapat menjadwalkan postingan setiap kali Anda memposting artikel terbaru!

Dengan mengikuti tips SEO sederhana ini, kami harap situs Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERPs, peningkatan lalu lintas web, dan tingkat konversi pelanggan yang lebih tinggi.


Posted by Unknown, Published at 12:50 PM and have 0 comments